- Bukalah Open Office.org, kemudian pilih Text Document
2. Buatlah
satu Surat Undangan yang ingin di perbanyak (Mail Merge), seperti di bawah ini:
3. Siapkan
database yang terdapat Nama, Alamat,
dan No.Telephon yang akan kirimkan surat Undangan. Buatlah daftarnya di dalam
satu file Calc, seperti di bawah
ini:
4. Setelah
membuat database, kembali ke file Surat Undangan, klik menu Tools Kemudian pilih Mail
Merge Wizard.
Maka
akan muncul tampilan seperti di bawah ini, kemudian klik pada Step 3 yaitu Insert Address Block, dan
klik juga pada Select Different Address
List.
Setelah
itu, maka akan muncul tampilan di bawah ini, kemudian Klik tombol Add, lalu pilih filenya yang sudah
dibuat pada file Calc yang terdapat Databasenya kemudian klik ok lalu cancel.
5.
Langkah
selanjutnya Klik menu View pilih Data Source kemudian
klik kiri pada text Database, lalu pilih Tables
kemudian Sheet1. Maka akan
muncul tampilan yang berada di samping kanannya.
6.
Setelah
itu Klik & Drag nama kolomnya seperti Nama, Alamat dan No.Telephon ke line
dibawah “Kepada Yth:”, sehingga hasilnya seperti di bawah ini:
7.
Untuk
melihat hasilnya, klik Mail Merge Wizard pada menu tools.
Kemudian klik pada Steps ke 6 yaitu Edit
Document untuk melihat hasilnya dari data-data yang sudah di masukan.